Membuat DataBase dan Tabel pada Apache 2.4.2 Untuk PHP

Apakah anda sering bermain dengan PHP? Apakah anda sering mendengar atau bahkan menggunakan software Apache sebagai DataBase pada PHP? Kalau anda sudah sering menggunakan maka tidak ada salahnya kita berbagi ilmu kepada teman-teman kita. Kalau anda belum pernah sama sekali ayo kita sama-sama mempelajari bagaimana cara membuat DataBase dan Tabel pada software DataBase ini.

Hal yang pertama kali yang harus anda miliki adalah software Apache yang sudah terinstall pada komputer anda. Kalau anda belum punya aplikasinya, bisa di download di om GOOGLE dengan memasukkan kata kunci “Download Apache” maka anda akan bisa mendownload software Apache-nya.

Nah apabila anda sudah mempunyai software Apache maka sekarang kita pelajari bagaimana cara membuat DataBase dan Tabel pada Apache tersebut.

1. Jalankan aplikasi Apache anda dengan cara masuk ke Start > All Program > AppServ > Apache Control Server > Start.

2. Setelah Apache dijalankan, maka anda harus mengecek apakah Apache anda sudah betul-betul jalan atau tidak dengan cara masuk ke jendela Internet Explorer dan ketikkan perintah “Localhost”. Perhatikan gambar berikut ini :

3. Apabila Apache anda sudah jalan maka setelah mengetikkan localhost akan tampil halaman apache seperti gambar berikut ini :

4. Nah setelah tampil halaman seperti gambar diatas berarti Apache anda sudah berjalan. Sekarang saatnya membuat DataBase dan Tabel untuk project kita kali ini.

5. Untuk membuat DataBase dan Tabel pada Apache ada dua cara yang bisa dilakukan.

a. Klik Link phpMyAdmin Database Manager Version 2.6.0-pl2. Perhatikan gambar berikut :

b. Kalau anda tidak mau menggunakan cara diatas maka gunakan cara ini. Ketikkan langsung pada Address bar disamping localhost-nya “phpMyAdmin”. Perhatikan gambar berikut :

6. Kalau sudah maka akan tampil halaman untuk membuat DataBase dan Tabel seperti gambar berikut ini :

Pada gambar diatas terdapat kotak untuk mengisi Nama DataBase anda kemudian klik tombol Create. Apache yang saya gunakan menggunakan bahasa Inggris. Kalau anda ingin mengunakan bahasa Indonesia maka tinggal diganti pada bagian Language sebelah kanan.

7. Setelah anda meng-klik tombol Create maka akan tampil gambar seperti ini :

8. Kemudian akan tampil halaman seperti gambar berikut. Nah disini anda memasukkan field-field tabel anda. Perhatikan gambar :

9. Setelah selesai maka akan tampil gambar seperti ini yang menandakan bahwa anda sudah berhasil membuat tabel pada Database Apache.

Selamat anda sudah mempunyai satu tabel pegawai yang bisa anda gunakan pada pemrograman PHP. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s