E-mail dengan Squirrelmail

E-Mail atau Surat Elektronik adalah suatu hal yang sangat umum saat ini. Bagaimana tidak? Surat yang pada masa lampau bisa diterima setelah 3 – 5 hari dikirim, kini bisa diterima hanya dalam hitungan detik.

Dalam E-Mail, ada tiga software yang berperan penting. Yang pertama adalah software Mail Transfer Protocol (MTA) yang berfungsi untuk mengirimkan surat ke kantor pos tujuan. Kedua, adalah software Mail Delivery Agent (MDA) yang merupakan kantor pos tujuan itu sendiri. Terakhir, adalah software Mail User Agent (MUA) yang mengantarkan surat dari kantor pos ke rumah anda.

Di dunia Linux, anda akan menemukan banyak pilihan software MTA, MDA, atau MUA yang bisa anda gunakan. Dalam artikel ini, saya akan membahas penggunaan Postfix sebagai MTA, Dovecot sebagai MDA, dan Squirrelmail sebagai MUA. Saya memilih Postfix dan Dovecot karena alasan kemudahan dan kesedehanaan (Program Administrasi-nya juga sudah tersedia di Webmin). Dan saya memilih Squirrelmail, karena bisa dijadikan sebagai Webmail, layaknya layanan Yahoo! Mail atau Gmail.

Ketiga software tadi sudah disertakan di repository Debian maupun Ubuntu. Untuk menginstallnya, anda perlu menghapus software MTA yang sudah ada, yaitu exim dengan perintah berikut :

INGAT! Jalankan dalam mode super user / root

# apt-get remove exim4*

Sebelum menginstall software Mail Server, ubah Hostname komputer menjadi nama domain yang akan digunakan dalam transaksi E-Mail dengan perintah berikut :

# echo namadomain.com > /etc/hostname
# hostname namadomain.com

Sekarang, install Mail Server dengan perintah berikut :

# apt-get install dovecot* postfix squirrelmail

Sebelum Installasi, anda terlebih dahulu akan dibimbing untuk konfigurasi awal Postfix. Pada menu pertama, anda bisa memilih Local Only jika anda hanya menggunakan mail server pada jaringan lokal atau Internet Site jika menggunakan Postfix tersebut untuk jaringan internet. Pada konfigurasi Mail Name, pastikan nama yang dicantumkan adalah nama komputer yang sudah ditentukan, lalu tekan Enter. Anda tidak perlu menset domain server jika anda hanya menggunan E-Mail Server untuk keperluan lokal. Setelah konfigurasi selesai, maka installasi Dovecot, Postfix dan Squirrelmail akan dimulai.

Setelah ketiganya selesai di-install, anda bisa membuka Webmin untuk melakukan konfigurasi Mail Server (Cara installasi Webmin, lihat pada artikel sebelumnya yang berjudul “Administrasi system secara mudah dengan Webmin”). Setelah anda login di Webmin, masuk ke halaman Dovecot IMAP/POP3 Server yang terdapat di pohon “Server” atau “Un-used Modules”.

Klik pada “Networking and Protocols”.

Pada bagian Server mail protocols, beri penanda pada “IMAP” dan “POP3”. IMAP merupakan protokol MAP yang mengijinkan penggunanya untuk mengakses langsung kotak surat, sedangkan POP3 merupakan protokol MAP yang mengharuskan anda mendownload surat anda terlebih dahulu ke kotak surat. Abaikan konfigurasi lainnya, dan klik tombol Save. Setelah kembali ke halaman utama Dovecot, klik tombol Apply Changes untuk menerapkan pengaturan.

Sekarang, karena Postfix sudah dikonfigurasi oleh APT sebelumnya, anda bisa menggunakan server E-Mail yang baru saja dibangun untuk keperluan e-mail jaringan lokal. Sebelum menggunakan fitur webmail Squirrelmail, anda terlebih dahulu perlu men-setting server Web Apache agar bisa membukanya. Berikut adalah perintahnya pada console :

# ln -s /usr/share/squirrelmail /var/www/squirrelmail

Sekarang, buka browser anda dan ketik http://ip-komputer-server/squirrelmail. Maka anda akan masuk ke menu login Squirrelmail.

Lakukan login sesuai dengan id dan password user dari server. Maksudnya, user dan password yang bisa anda login pada server anda. Setelah itu, klik Login untuk membuka Kotak Surat.

Anda juga bisa mengakses server E-Mail ini melalui software Mail User Agent (MUA) selain Squirrelmail, misalnya Mozilla Thunderbird, Kmail, Evolution, dsb. Set server POP3/IMAP dan server SMTP ke IP dari Server E-Mail anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s