Instal IP CoP

Untuk menginstall IPCOP, kita bisa mendownload ISO-nya di sini atau melihatnya di website resmi IPCOP.ORG. Setelah didownload, silakan BURN file ISO-nya ke CD dan booting komputer menggunakan CD Ipcop tersebut. Hal yang harus diperhatikan adalah komputer yang akan diinstall ipcop harus menggunakan 2 lancard. Jika kurang dari 2, maka IPcop tidak dapat dijalankan di komputer ini.

IPCop akan berisi feature untuk proxy, firewall, dan berbagai macam fasilitas lain. Dan untuk itu minimal harus tersedia 2 lancard (GREEN dan RED) untuk bisa berfungsi normal.

Kalau benar, maka IPCop akan mulai terinstall di komputer dengan tinggal mengikuti perintah-perintahnya di layar. Pertanyaan pertama installasi adalah bahasa seperti dibawah ini :

install ipcop

Ikuti saja proses tersebut sampai IPCOP menanyakan interface seperti berikut ini :

IPcop interface

Pilih probe saja untuk automatic detect LANCARD. Maka IPcop akan memilih interface GREEN terlebih dahulu. GREEN adalah interface yang akan kita pakai untuk local network (yang terhubung ke komputer di network kita, bukan ke ISP atau modem atau ke router). Hal ini harus diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan. Setelah ditemukan, berikan IP sesuai dengan yang kita inginkan untuk berfungsi sebagai gateway semua komputer di local network.

Panduan lain untuk installasi IPCOP dalam versi bahasa inggris ada disini.

Setelah terinstall systemnya, tugas kita belum selesai. Kita masih harus meneruskan beberapa langkah installasi mulai dari step berikut ini:

Install IPCOP

Silakan pilih untuk keyboard mapping : us, timezone : pilihan Asia – Jakarta, hostname dan domain silakan diisi dengan sesuai keinginan kita. Sedangkan pada bagian dibawah ini pilih DISABLE ISDN

Disable ISDN

Lalu pada pilihan dibawah ini pilih : Network configuration card

Network Card

Setelah itu kita harus memilih GREEN + RED pada tampilan dibawah ini :

Green + Red

Setelah memilih GREEN + RED, kita akan kembali ke menu awal. Pilih Drivers and Cards Assignment untuk selanjutnya. Dan kembali kita pilih PROBE untuk menentukan lancard RED. Setelah IPCOP menemukan lancard RED, kita akan kembali ke menu awal lagi.

Pilih Address Setting untuk RED dan isikan IP yang kita miliki untuk interface RED yang menghadap ke ISP atau modem atau Router. Setelah itu kita akan kembali ke menu awal lagi.

Setelah itu kita tinggal memilih mengisi DNS and Gateway settings. Isi DNS kita sesuai dengan ISP yang kita pakai dan arahkan gateway ke IP Modem atau IP Router ISP kita. Setelah itu kita DONE dan kita lanjutkan proses installasi ke bagian berikut :

DHCP

Pada bagian ini kita tidak perlu memberi tanda pada DHCP server (kalau memang tidak mau menggunakan DHCP). Tetapi kita dilarang menekan cancel karena hal itu akan menyebabkan proses installasi berhenti ditengah jalan sebelum selesai. Cukup pilih OK untuk melanjutkan walaupun tidak perlu memberi tanda apa-apa pada menu ini.

Setelah itu kita akan ditanya 3x password seperti berikut :

Password

Yang akan ditanya adalah password untuk ROOT, ADMIN, dan BACKUP. Sebaiknya kita mencatat baik-baik password yang kita berikan disini. Setelah mengisi 3 password ini (masing-masing diisikan 2x) maka proses installasi IPCOP sudah selesai.

Untuk mengikuti versi berbahasa inggris dari bagian installasi kedua ini bisa dibaca disini.

Setelah proses selesai, silakan REBOOT IPCop (berikan perintah REBOOT <enter>). Setelah itu kita bisa melakukan akses ke IPCop dengan menggunakan Webbrowser dengan cara :

https://192.168.0.254:445 <enter> (sesuaikan IP address dengan ip address IPCop GREEN).

Maka akan tampil halaman website kurang lebih seperti berikut :

Ipcop Awal

Hal-hal yang harus kita setting adalah :

  • menu system – secure shell – sebaiknya diaktifkan agar IPCop bisa kita remote menggunakan SSH ke port 222
SSH
  • services – proxy : sebaiknya kita mengaktifkan LOG dan mengubah proxy PORT. Normalnya IPCop menggunakan port 800, kita bisa ubah port ini ke layaknya port proxy seperti 8080 atau 3128.
  • Masih di proxy, kita harus memberikan tanda Enable on Green agar Proxy service dijalankan. Dan untuk memastikan semua proses browser melalui IPCop proxy, sebaiknya berikan tanda centang pada bagian Transparent on green

IPcop proxy

Maka secara prinsip IPCop kita sudah siap untuk dipakai. Banyak menu yang lain yang bisa dicoba-coba sendiri karena terlalu banyak kalau harus dijelaskan disini… hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s