Instal Xampp

Kalau kamu pengen belajar web-programing dengan PHP, tapi ga mau repot nginstal web-server, database-server, ftp-server, dan mail-servernya, kamu harus liat aplikasi yang satu ini.. XAMPP dari ApacheFrined.. im bakal tunjukin betapa asiknya aplikasi ini..

XAMPP itu adalah aplikasi server yang merupakan gabungan dari beberapa aplikasi server yang biasanya ada di web server. Liat aja nih sendiri komponennya:

  • Apache (web server)

  • MySQL (database server)

  • PHP (web programming)

  • SQLite (database server)

  • OpenSSL (web security a.k.a. encryption)

  • phpMyAdmin (web-based interface for MySQL)

  • FileZilla FTP Server

  • Mercury Mail (mail server)

  • dll

Sekali install, semua komponen di atas terinstal juga.. Bukan cuma itu, kita ga perlu lagi melakukan konfigurasi tambahan supaya masing-masing komponennya bisa saling interaksi.. Sebagai catatan nih, kalo kamu nginstal Apache dan PHP secara terpisah (masing-masing), kamu harus menambahkan beberapa baris konfigurasi di httpd.conf (file configurasinya Apache, red).. Salah ketik dikit aja, ga jalan deh Apache-nya..

Cara Dapetin XAMPP

Kamu bisa download XAMPP di website ApacheFriend (http://www.apachefriend.org).. Atau kamu cari aja di Google or Yahoo! Search dengan kata kunci ‘XAMPP for Windows Download’.. Atau kamu bisa juga cari link ke halaman download XAMPP dari website PortableApps (http://www.portableapps.com).. Gampang kan..??

Ada 3 (tiga) pilihan download XAMPP:

  • Zip file (biasanya ukurannya filenya paling gede)

  • Executable installer (paling gampang buat installnya)

  • Executable 7zip file (biasanya paling kecil ukuran filenya)

im sih biasanya download yang terakhir, soalnya paling kecil sih ukuran filenya..

Cara Install XAMPP

Beda file yang didownload, beda lagi cara installnya, tapi sumpah semua caranya gampang (selama kamu punya privilege administrator, hehehehe).. Kalau kamu download yang executable installer, tinggal dobel-klik aja filenya, terus ikutin wizardnya..

Kalau kamu download versi zip, kamu tinggal ekstrak (unzip) aja ke drive C, D, E, or drive manapun yang kamu punya.. Tapi ada syaratnya, harus di root-drive alias ga boleh di dalam folder lain..

Kalau kamu download file executable 7zip, dobel-klik aja filenya dan pilih drive di mana kamu mau ngisntal XAMPP.. Syaratnya sama kaya yang zip, harus di root-drive alias ga boleh di dalam folder lain.. Liat gambar ini biar lebih jelas..

Setelah itu, kamu harus jalanin ‘setup_xampp.bat’ supaya XAMPP menyesuaikan konfigurasi dirinya sendiri. Jangan lupa jalanin ‘setup_xampp.bat’ lagi kalo kamu mindahin lokasi folder XAMPP, misalnya dari C: ke D:.. Instalasi selesai, tinggal jalankan komponen-komponenya..

Menjalankan Komponen XAMPP

Cara paling gampang buat jalanin komponen-komponen XAMPP adalah dengan menggunakan XAMPP Control Panel.. Kamu tinggal klik tombol ‘Start’ untuk menjalankan komponen dan klik ‘Admin’ untuk mengkonfigurasi komponen.. Liat gambar biar lebih jelas..

Ada catatan sedikit nih buat kamu yang pake Windows XP SP2.. Kalo Windows Firewall kamu aktif, pada saat pertama kali kamu start komponen XAMPP, misalnya MySQL, akan muncul dialog-bos kaya gini..

Jawab aja ‘Unblock’ supaya Windows Firewall mengijinkan komponen XAMPP tadi untuk jalan..

Saatnya coba-coba

Udah nginstal masa ga dicoba dulu sih.. Yuk kita cobain beberapa komponen XAMPP-nya.. Coba start Apache-nya deh.. Setelah itu buka browser kamu (mis: Internet Explorer atau FireFox I love this open-source browser) terus masukin alamat http://localhost/ atau http://127.0.0.1/.. Seharusnya tampilan di browser kamu kaya gambar ini..

Pilih bahasa yang mau kamu pake.. Maaf, belum ada bahasa Indonesia, jadi pilih aja English atau bahasa lain yang kamu bisa..

Sekarang kita coba MySQL (dan PHP-nya) pake phpMyAdmin.. Pastiin MySQL-nya udah kamu start, kalo belom start dulu dong..!! Setelah itu, buka http://localhost/phpmyadmin dari browser kamu.. Kalau kamu liat tampilan seperti gambar di bawah, berarti MySQL dan PHP di XAMPP kamu udah bekerja dengan baik..

Berikutnya apa..??

Berikutnya im akan tunjukin gimana caranya mengkonfigurasi virtual-host di XAMPP.. Jadi kamu bisa punya website dengan nama macem, misalnya http://www.imam.com/, http://www.adiwibowo.com/, atau apapun, tapi web servernya tetep satu.. Selain itu im juga akan tunjukin cara nginstal aplikasi-aplikasi web populer seperti Mambo/Joomla, WordPress, dll.. Sabar ya..!!

5 thoughts on “Instal Xampp

  1. saya sedang berlatih buat web…untuk install XAMPP boleh disimpan di drive C dan D ga? double.. bentrok ga…atau cukup di drive C atau D saja? ditunggu jawabannya…makasih

    • untuk install XAMPP boleh saja di dua drive C dan D, karena yang di runing kn hanya satu XAMPP saja, dadi alangkah lebih baik di satu drive saja C atau D agar tidak ada kesulitan pada saat menambahkan atau mengedit program…

    • baiknya sih di salah satu drive aja.. and kalo ada dua jga ga jadi masalah sih.. mo di drive C atau D yg penting ga di buat autorun ga masalah toh pada saat mo digunakan harus kondisi run kan.. tapi usul saya sih salah satu drive saja.. hemat space HDD nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s